Blogger Layouts

Welcome :)

Senin, 07 November 2011

Pemberian Obat pada Kulit

| |

Pemberian Obat pada Kulit


Merupakan cara memberikan obat pada kulit dengan mengoleskan bertujuan mempertahankan hidrasi, melindungi permukaan kulit, mengurangi iritasi kulit, atau mengatasi infeksi. Pemberian obat kulit dapat bermacam-macam seperti krim, losion, aerosol, dan sprei.

Pemberian obat topikal pada kulit:
yaitu memberikan obat secara lokal pada kulit.
Tujuan : untuk memperoleh reaksi lokal pada obat tersebut.
Persiapan alat :
a. Obat sesuai yang di pesankan ( krim, lotion, aerosol, bubuk, spray)
b. Buku obat
c. Kassa kecil steril ( sesuai kebutuhan )
d. Sarung tangan
e. Lidi kapas
f. Baskom dengan air hangat, waslap, handuk, dan sabun basah
g. Kasssa balutan dan plester (sesuai kebutuhan)

tindakan pengobatan:


1. Krim, salep dan lotion yang mengandung minyak
Letakkan satu sampai dua sendok teh obat di telapak tangan kemudian lunakkan dengan menggosok lembut diantara kedua tangan. Usapkan merata diatas permukaan kulit, lakukan gerakan memanjang searah pertumbuhan bulu. Jelaskan pada klien bahwa kulit dapat terasa berminyak setelah pemberian obat.

2. Lotion mengandung suspensi
Kocok wadah dengan kuat. Oleskan sejumlah kecil lotion pada kassa balutan atau bantalan kecil. Jelaskan pada klien bahwa area akan terasa dingin dan kering

3. Bubuk
Pastikan bahwa permukaan kulit kering secara menyeluruh. Regangkan dengan baik lipatan bagian kulit seperti diantara ibu jari atau bagian bawah lengan. Bubuhkan secara tipis pada area yang bersangkutan.


4. Spray aerosol
Kocok wadah dengan keras. Baca label untuk jarak yang di anjurkan untuk memegang spray menjauhi area ( biasanya 15-30 cm ) Bila leher atau bagian atas dada harus di semprot, minta klien untuk memalingkan wajah dari arah spray. Semprotkan obat dengan cara merata pada bagian yang sakit.

0 komentar:

go-top

Posting Komentar